Rabu, 12 November 2014

Konstruksi dan Keuntungan Mesin 4 tak

 Konstruksi Dasar

  • Mesin 4tak memerlukan 2 kali putaran kruk as untuk menyelesaikan satu rangkain kerja.
  • Pada kepala slinder terdapat 2 jenis klep yaitu klep masuk dan klep buang. Keduanya bekerja menurut putaran kruk as. pada bagian dalam silinder tidak memiliki lubang.
  • Semua proses diselesaikan diatas bagian piston/ silinder.
  • untuk membuka dan menutup klep menggunakan mekanisme pada kepala silinder/cylinder head yang digerakan oleh poros kruk as.

 Keuntungan mesin 4 tak
  • Karena tiap proses berdiri sendiri sehingga lebih perisisi, efisien dan stabil. Jarak putaran renda ketinggi lebih jauh (500 - 10.000 rpm).
  • Kerugian karena tekanan balik atau blow by lebih kecil dibanding mesin 2 tak.
  • Tenaga pada putaran rendah lebih baik, dan panas mesin dapan didinginkan oleh sirkulasi oli.
  • langkah pemasukan dan buang lebih panjang, sehingga efisiensi pemasukan dan kompresi efektif lebih baik. Hal ini menjadikan konsumsi bahan bakar lebih hemat.
Kerugian
  •  Mekanisme penggerak klep lebih rumit, sehingga perawatan lebih sulit.
  • Suara yang dihasilkan dari mekanisme penggerak lebih berisik.
  • Langkah kerja terdiri dari 2 putaran kruk as, sehingga keseimbangan putaran tidak stabil. Butuh lebih dari 1 silinder dan damper penahan getaran.
Referensi
Yamaha Motor co.,Ltd. Yamaha Technical Academy Edisi Pertama, Indonesia. 2000.

0 komentar:

Posting Komentar