Rabu, 12 November 2014

Kopling

Kopling ditempatkan antara rangkaian penggerak pada mesin dan transmisi, menghubungkan dan melepaskan tenaga yang dihasilkan mesin ke transmisi ketika berjalan, berhenti dan memindahkan gigi. Kopling biasanya digabungkan dengan reduksi pertama/ primer.











  • Putaran mesin harus dipisahkan dengan alasan agar torsi di putaran rendah menjadi besar sehingga roda belakang akan lebih mudah berputar.
  • Kopling dibutuhkan untuk melepaskan putaran mesin ke transmisi sampai putaran mesin sampai pada batas tertentu, setelah itu kopling secara perlahan menghubungkannya ke transmisi sehingga motor dapat berjalan dengan halus dan dapat memindahkan gigi tanpa sentakan.
Tipe-tipe Kopling

  • Kopling Tipe Piringan
Konstruksi kopling terjadi dari berbagai plat gesek yang berputar untuk menggerakan kopling. kedua Plat menggunakan per untuk menekannya(manual), sentrifugal (otomatis).














  • Kopling sepatu sentrifugal
Menggunakan sepatu yang bergerak keluar oleh daya sentrifugal.sehingga sepatu tersebut terhubung ke drum/housing atau rumah kopling.













  • Kopling v-belt
Kopling ini terdiri dariu v-belt dan pulley yang digerakkan oleh daya sentrifugal. Sehingga v-belt terjepit. Dengan demikian kopling secara otomatis mengkopel. Banyak dipakai motor matik.













Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Kopling_sentrifugal
http://otogembel.wordpress.com/2012/08/05/kopling/
http://chapus78.blogspot.com/2014/07/sepeda-motor-a.html
http://infotercepatku.blogspot.com/2013/06/tipe-tipe-kopling-sepeda-motor-lengkap.html
Yamaha Motor Co.,Ltd. Yamaha Technical Academy,Indonesia.2000.

0 komentar:

Posting Komentar